Jumat, 24 November 2017

Asal motor MINERVA. Sejarah Motor Minerva , Buatan Negara Mana ? Jerman , China , Atau Indonesia !

Sejarah Motor Minerva, Buatan Negara Mana ?


Siapapun orangnya pastilah sudah mengetahui produk Minerva motor yang cukup fenomenal dari sejak pertama kemunculannya di industry roda dua tanah air. Sebut saja Minerva VX150, dengan bentuk keren garapan pabrik motor berlambang dewi yunani ini. Banyak orang yang bingung sebenarnya Minerva itu buatan mana ya??
Minerva Megelli 250.

Minerva X Road 150s
Minerva Rx 150

Setelah di cari di berita sejarah sepeda motor sana sini, maka bisa di simpulkan secara singkat dan gak bakal brbelit-blit bahwasanya dahulu kala Minerva itu adalah sebuah perusahaan yang menelorkan motor merek Loncin di bawah kuasa 
PT Loncin Penta Jaya Laju Motor Indonesia. Lalu mulai 2007 tepatnya di bulan November, merek dagang Loncin secara resmi berganti nama menjadi Minerva Indonesia, dengan alasan kuat untuk memperkuat citra produk yang lebih berkualitas dan berkelas, pada tahun 2008, PT. MINERVA MOTOR INDONESIA melakukan Co-Branding and Joint Venture Manufacturing dengan SACHS Fahrzeug–und Motorentechnik asal negeri Der Panser, Jerman… yang kemudian dikenal dengan MINERVA SACHS hingga saat ini.

Motor Minerva itu buatan mana? Jerman, China Atau bahkan Indonesia, begitu banyak orang yang bertanya-tanya tentang sosok motor Minerva, Minerva sendiri dulunya adalah perusahaan sepeda motor di Jerman, tapi kemudian perusahaan itu bangkrut dan di beli oleh pengusaha dari China, jadi part mesin motor Minerva diimpor dari China dan sebagian buatan lokal, dan Minerva di rakit di Jonggol, Jawa Barat. mudah-mudah artikel ini bisa jadi panduan sebelum beli motor Minerva untuk yang berminat memilikinya. disini kita bahas serba serbi Minerva.

Minerva adalah brand lokal asli Indonesia bukan dari CINA.
Semenjak tahun 2007, PT Loncin Penta Jaya Laju Motor Indonesia berganti nama menjadi PT Minerva Motor Indonesia dan tidak lagi meng-copycat dari produk lain.
Kini Minerva bekerja sama dengan brand Eropa seperti Megelli series dari Sachs (Jerman) dan Megelli (UK), bahkan lahirnya Madass 125 berkat bekerja sama dengan Jerman.
Untuk series GTR, Minerva berkolaborasi dengan CPI Taiwan maka lahir lah GTR PRO 170 dan 150.
Nah klo seri R150VX dan X-Rod 150S itu ASLI hasil karya anak bangsa INDONESIA.
Pabrikan dan perakitan semua jenis motor keluaran Minerva ada di Jonggol, Bogor, Jawa Barat.
So, kita harus bangga dan angkat jempol sebagai warga Indonesia, kalo Indonesia juga bisa bikin motor dan enggak kalah soal desain dan kualitas.


Part Dan Mesin Motor Minerva


Part kebanyakan dari Indonesia, jadi bisa dikatakan Minerva itu buatan Indonesia alias Minerva made in Indonesia, karena selain di rakit di Indonesia, part nya banyak yang buatan anak bangsa dan para petingginya juga orang Indonesia sendiri.

Wah bangga dong pakai motor yang banyak part nya buatan anak bangsa? benar, maka dari itu motto nya "Ride With Pride", perihal di blok mesin nya ada embel-embel SACHS German, seperti yang sudah dibilang diatas, Minerva dulunya adalah perusahaan motor di Jerman, dan Minerva sendiri membeli lisensi agar bisa memajang tulisan SACHS German di blok mesin minerva.

Desain Motor Minerva


Banyak yang bilang desain dan modelnya menjiplak alias plagiat, untuk yang R150 memang benar kalau di bilang plagiat, tapi model Minerva yang sekarang sudah tidak plagiat lagi, contohnya untuk R 150 VX, GTR 150, GTR 170 dan lain-lain, yang model desainnya cukup bagus, apalagi kalau yang suka modifikasi motor minerva tidak terlalu perlu banyak perubahan karena desainnya sudah cukup menunjang, mungkin hanya dengan modifikasi cutting stiker untuk minerva saja sudah bisa tampil beda.

Kualitas Motor Minerva


Soal kualitas mesin bisa dibilang lumayan bagus lah untuk motor sport dengan harga yang relatif murah, jangan berharap terlalu tinggi dan jangan pernah membandingkan dengan motor sport lain dengan harga 30 juta lebih, para Minerva Owner sendiri juga awet-awet saja pakai Minerva, bahkan para owner Minerva yang motornya produksi 2007 sampai sekarang masih awet mesinnya, di pakai harian, touring, malah banyak yang geber-geberan di sentul awet-awet saja mesinnya, bahkan banyak yang oprekan mesinnya tetep awet, mungkin untuk sektor selain mesin perlu perhatian extra, dan lagi apapun motor nya keawetan motor tergantung dari perawatan motor itu sendiri, apapun motor nya kalau tidak pernah dirawat seperti rutin ganti oli, servis, pengecekan rutin dll. tetep saja tidak bakal awet, tapi walaupun motor murah kalau dirawat telaten keawetannya akan lebih lama dari motor mahal yang tidak pernah di rawat sama sekali.
Minerva megelli 250 naked
Untuk sparepart tidak usah khawatir, banyak sparepart dari Minerva yang bisa di subtitusi atau di kanibal dengan motor-motor Jepang.

nilai plus motor Minerva


Plus nya yang jelas kita bisa dapat motor sport berfairing dan dengan harga yang sangat terjangkau, sparepart bisa dikanibal motor jepang, untuk mesin yang masih standart cukup pake premium, tapi kalau mau pakai pertamax, pertamax plus atau bensol lebih bagus untuk kompresi minerva yang tinggi, dan kita bisa lebih menghargai motor yang otomatis lama-kelamaan akan menambah pengetahuan kita seputar sepeda motor karena Minerva sendiri memerlukan owner yang tidak pakai motor asal-asalan pakai.

Terlepas dari tipe yang lain, Minerva R150 sudah discontinued, alias sudah tidak di produksi, sekarang adanya Minerva RX 150 dengan model terbaru dan X Road 150s, serta Megelli 250.

39 komentar:

  1. Sayang org Indo mindset nya soal merk lokal selalu jelek tanpa mencoba

    BalasHapus
  2. Minerva hidup segan mati tak mau

    BalasHapus
  3. Maju terus minerva buktikan bahwa kita bisa,,,,

    BalasHapus
  4. Bingung mau pilih brand lokal atau non lokal

    BalasHapus
  5. Sperpatnya piye...?
    Mudah apa sulit dicari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di subtitusi atau di kanibal dengan motor-motor Jepang (honda)

      Hapus
    2. Ahh yg bener nih bisa pake sparepartnya honda? Serius nih om?

      Hapus
    3. serius om, mirip sama honda GL,Mega Pro,Tiger

      Hapus
    4. Bener banget, secara basic mesinnya honda, terutama GL. Ane pengguna minerva R150 (model old CBR) dari 2008 masih awet sampe sekarang

      Hapus
    5. Alhamdulillah saya pake minerva seriez 150vx dr taun 2014-2020 alhamdulillah mandali..ngacir
      Meskipun mv speed tak segarang body tp saya bangga..ride with pride

      Hapus
  6. Kayaknya minat nih
    Lebih baik cintai produk dalam negeri
    Josss wes

    BalasHapus
  7. Merk apapun GK jadi masalah .
    Setiap masalah pasti ada solusinya.
    Semua barang yg di ciptakan manusia GK ada yg sempurna.

    BalasHapus
  8. Spull Motor minerva yg copycat cbr tuh nyari kanibalanya honda type apa yh

    BalasHapus
  9. Bener banget, secara basic mesinnya honda, terutama GL. Ane pengguna minerva R150 (model old CBR) dari 2008 masih awet sampe sekarang

    BalasHapus
  10. minerva MX86 kok g ada artikelnya ya...?

    BalasHapus
  11. Menurut kalian minerva miggeli250r bagus atw tidak kelbihana apa dan kekuramganya apa trimakasih

    BalasHapus
  12. Yg tipe mx150 spulnya susah dicari

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane dulu punya , solusinya spulnya gulung di tukang dinamo

      Hapus
  13. Nyari variasi Minerva susah atau tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah, kan diatas disebut; oartnya bisa disubtitusi mitir jepang, terutama honda

      Hapus
  14. masih copycat dari Honda CBR125 dan Yamaha R125 versi Eropa

    BalasHapus
  15. Dalam mesin ada suara tik tiknya , kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya suara tik² itu sih suara nya klep.. tapi kl mau lebih pastinya bisa di bawa ke bengkel atau dealer klo g paham..

      Hapus
  16. Yakin brp % buatan indo, ane 10% krn braket2ny buatan ank bangsa, dleman mesin? Tau sndrilah, ownerny sj dah ke ktm, cek situs xgjao, btw ane pemilik new vx..

    BalasHapus
  17. Suport untuk prodak atas nama anak bangsa..maju trus ..namanya mesin prodak apapun kalau tak di rawat ya sama konsekwensinya..

    BalasHapus
  18. bagi temen2 yg masih punya minerva,, di simpen baik2.
    soalnya di indonesia dealer resminya udah gk ada, kemungkinan 3-5 th lagi ini motor udah jadi barang mahal,, KEMUNGKINAN....

    BalasHapus