Minerva X Road 150s
Motor Minerva X-ROAD 150S adalah salah satu pilihan motor sport menarik di antara berbagai produsen yang memasarkan produknya di tanah air. Produsen Minerva Motor Indonesia yang bekerja sama dengan produsen motor SHACS asal Jerman menghadirkan Minerva X-ROAD dengan desain Eropa yang modern.
Sebagaimana motor yang dibuat dengan dasar teknologi Jerman dan berkarakter Eropa, motor–motor keluaran Minerva memiliki bentuk dan karakter yang khas. Pola kerjasama dengan produsen motor luar negeri ini dilakukan guna menghasilkan motor berkualitas dengan harga yang bersaing.
Hal ini sama halnya dengan apa yang dilakukan perusahaan motor dari India yang bekerja sama dengan produsen motor dari Eropa dan juga Jepang.
Motor Minerva X-ROAD 150S adalah produk andalan Minerva Motor Indonesia yang diharapkan mampu bersaing dengan produk motor lain di kelas 150 cc, seperti Honda CBR 150R atau Yamaha Vixion. Karakter tampilan yang gagah membuat X-ROAD 150S memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang menggemari desain motor sport Eropa.
Saat ini telah ada cukup banyak pengguna motor Minerva yang membentuk komunitas serta melakukan berbagai modifikasi untuk meningkatkan performa ataupun mendapatkan tampilan motor yang lebih menarik. Pembahasan mengenai X-ROAD 150S di forum online juga terbilang cukup dinamis dimana banyak orang berbagi pengalaman dan kesan mengendarai motor tersebut, serta berbagi tips untuk mengoptimalkan performa motor.
Sepeda motor Minerva X-ROAD 150S hadir dengan beberapa fitur motor masa kini berupa speedometer digital, active running day light serta undertai muffler atau klanpot yang diletakkan tersembunyi di bawah bagian ekor motor.
Secara keseluruhan, motor Minerva X-ROAD 150S memiliki desain yang cukup ideal dengan bentuk dan ukuran yang cocok untuk dikendarai orang Indonesia. Posisi pengendara terbilang nyaman dan ergonomis meskipun ukuran dan bentuk tangki yang agak besar dan lebar akan membuat kaki pengendara akan berada pada posisi yang sedikit terbuka. Stang yang cukup lebar memberikan kenyamanan lebih dalam kontrol terutama ketika melewati jalan yang kurang bersahabat.
1. Fitur Unggulan Minerva X-ROAD 150S
Berikut ini adalah fitur-fitur yang disematkan pada motor Minerva X-ROAD 150S terbaru yang patut Anda ketahui.
Sumber: Minerva Motor Indonesia
2. Varian Motor Minerva X-ROAD 150S
Minerva X-ROAD 150S hadir dengan tiga pilihan warna yang berkonsep minimalis sederhana khas motor Eropa. Pilihan warna pertama didominasi warna hitam hampir di seluruh bagian dan menyisakan bagian pelindung mesin di bawah tangki bahan bakar dengan warna merah.
Pilihan warna kedua masih menggunakan kombinasi merah dan hitam dengan lebih banyak porsi warna merah di bagian tangki bahan bakar, bagian ekor motor atau bawah jok pembonceng, serta sisi depan dari spakbor roda depan.
Pilihan warna ketiga hadir dengan warna silver dan hitam dengan penggunaan warna silver yang sama dengan pilihan warna kedua, tetapi ditambah dengan bagian footstep pembonceng, swing arm, dan shock depan.
3. Spesifikasi Minerva X-ROAD 150S
Motor ini memiliki ukuran panjang 1040 mm, lebar 770 mm serta tinggi 1100 mm, sedangkan jarak antar sumbu roda adalah 1385 mm dan jarak terendah motor dari permukaan tanah 175 mm. Motor X-ROAD 150S memiliki berat kosong 123 kg dan mampu menanggung beban hingga 150 kg. Suspensi untuk roda depan menggunakan suspensi teleskop, bagian belakang mengandalkan sistem suspensi mono shock untuk mendapatkan stabilitas dan keseimbangan yang lebih baik.
Motor Minerva X-ROAD 150S juga dilengkapi dengan rem cakram untuk roda depan dan belakang, keduanya menggunakan piston ganda untuk mendapatkan efek pengereman yang lebih baik. Kapasitas maksimal tangki bahan bakar yang dimiliki motor sport ini adalah 17 liter, cukup besar dan memadai untuk digunakan berkendara jarak jauh. Lampu sinyal belok dan lampu rem telah menggunakan jenis lampu LED.
Spesifikasi | Minerva X-ROAD 150S |
---|---|
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Mono Shock |
Ban Depan | 110/70 – 17 |
Ban Belakang | 130/70 – 17 |
Rem Depan | Disc Brake dengan Double Piston |
Rem Belakang | Disc Brake dengan Double Piston |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.040 X 770 X 1.100 mm |
Berat | 123 kg |
Kapasitas tangki bahan bakar | 17 liter |
Sumber: Minerva Motor Indonesia
Mesin motor sport Minerva X-ROAD 150S bertipe SOHC dengan silinder tunggal, berkapasitas 149,4 cc dengan sistem pendingin oli, serta dilengkapi fitur engine balancer. Sistem suplai bahan bakar masih menggunakan karburator, sementara jenis kopling yang digunakan adalah kopling tipe basah.
Spesifikasi | Minerva X-ROAD 150S |
---|---|
Tipe Mesin | Single cylinder, SOHC, oil cooler, dan engine balancer |
Volume Silinder | 149,4 cc |
Diameter X Langkah | 61 mm x 49,5 mm |
Perbandingan kompresi | 9.2 : 1 |
Daya maksimum | 9,5 kW / 9.500 rpm |
Torsi maksimum | 10,5 Nm / 7.000 rpm |
Sistem Bahan Bakar | Karburator |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | Kondisi baru 1400 cc, maintenance 1200 cc |
Tipe kopling | Tipe basah dan multi plat |
Tipe transmisi | 5 percepatan |
Sistem starter | Kick Starter dan Electric Starter |
Tipe Battery | 12V – 6 Ah (GTZ7S) |
Sistem Pengapian | CDI |
Sumber: Minerva Motor Indonesia
4. Harga Motor Minerva X-ROAD 150S
Berikut ini adalah harga motor Minerva X-ROAD 150S terbaru yang patut Anda ketahui.
Spesifikasi | Minerva X-ROAD 150S |
---|---|
Harga | Rp 15.950.000 |
Sumber: Minerva Motor Indonesia
Keterangan: Harga OTR dan berlaku di Jakarta
Keterangan: Harga OTR dan berlaku di Jakarta
5. Kekurangan Minerva X-ROAD 150S
Secara khusus, ada sejumlah kekurangan atau kelemahan motor Minerva X-ROAD 150S. Hal ini juga telah dibahas dalam berbagai diskusi para penggunanya di forum–forum online. Salah satu kelemahan yang patut dicatat adalah akselerasi yang kurang responsif ketika motor berada di putaran rendah. Akselerasi dan tenaga motor ini baru dirasakan ketika putaran mesin berada di atas 5.000 RPM.
Selain itu, sensor RPM dan speedometer yang digunakan juga seringkali lambat merespon putaran mesin dan kecepatan motor sehingga pengendara harus lebih mengandalkan perasaan dibanding melihat dashboard.
Desain knalpot yang panjang dan menggunakan pipa yang agak sempit disinyalir menjadi penyebab respon akselerasi yang lambat. Sistem pengereman di bagian roda depan juga patut menjadi catatan karena kurang responsif dalam mengurangi laju motor.
Persamaan shock depan minerva xroad dengan shock apa saja
BalasHapusShock depan xroad diameter 37mm sama kyk punya ninja 250
HapusDiameternya 37 apa 40 gan
HapusPersamaan kick starter x road apa ya bos? Yg pnp?
BalasHapusShock breaker belakang samanya dengan apa?
BalasHapusMinerva x road piston handlebars are the same as what?
BalasHapus